Kenalkan Anak Anda Dengan Buah dan Sayur Sejak Dini

1

Sumber Gambar : https://www.google.com/

Dalam Jurnal Gizi dan Pangan Maret 2014 terungkap bahwa anak Indonesia hanya mengonsumsi setengah dari porsi serat yang dianjurkan, dan konsumsi serat anak di kota lebih rendah ketimbang di pedesaan. Hal ini sesuai catatan World Health Organization (WHO) yang memperlihatkan, orang Indonesia mengonsumsi buah dan sayur hanya sebanyak 2,5 porsi per hari atau 34,55 kg per tahun, jauh dibawah anjuran Food Agriculture Organization (FAO) untuk konsumsi buah per kapita per tahun sebanyak 73 kg.

Fakta kurangnya konsumsi yang merata pada anak-anak maupun orang dewasa di Indonesia ini menunjuk pada kebiasaan kurang konsumsi serat yang dimulai sejak usia dini. Padahal, pengenalan buah dan sayur pada usia dini akan memberi manfaat positif bagi perilaku konsumsi buah dan sayur pada usia dewasa.

Memberi makanan sehat pada anak memang butuh perjuangan mengingat tak semua jenis makanan disukainya. Bagi para orang tua, makanan sehat tetap penting diperkenalkan sebab banyak nutrisi hebat yang diperlukan.
Makanan yang wajib diberikan adalah buah dan sayuran tiga kali sehari. Terlebih bila buah hati masih balita, mereka akan belejar mengenal jenis makanannya.

Berat badannya juga akan bertambah dengan cepat. Tak lupa susu atau jus buah harus diberikan secara teratur untuk memenuhi nutrisinya.

Sedangkan bagi balita yang sulit makan sebab kurang akrab di lidah, Anda bisa menerapkan diet sehat. Beriksan saja susu rendah lemak sebanyak 680 gram pada anaak usia 2 tahun. Juga berikan 170 gram buah, dua kali pemberian makan utama dan 2-3 kali pemberian camilan.

Selain memberinya beragam makanan sehat, berikan pula multi vitamin untuk kecerdasannya seperti Zelena Plus yang mengandung banyak nutrisi. Upayakan selalu cara sehat yang bisa membuat anak terbiasa dengan pola makan yang baik.

Dan Coba lakukan beberapa cara berikut untuk mengenalkan buah dan sayur sejak dini pada anak:

  • Perkenalkan buah dan sayur secara bertahap.
  • Kombinasikan dengan lauk pauk sumber protein hewani dan nabati, serta makanan pokok sebagai sumber kalori.
  • Tingkatkan jumlahnya secara bertahap dalam proporsi seimbang.
  • Masukkan buah dan sayur di setiap MPASI-nya agar ia terbiasa dengan rasanya.

Atau ,  Bisa Juga Anda Mengkreasikan Sayuran / Buah Tersebut . Contohnya saja Membentuknya menjadi karakter yang disukai Anak Anda. sehingga mereka tertarik dengan bentuk tersebut dan mereka akan memakannya ^_^

Cara Membentuknya gimana  Bunda ?? Anda Dapat Membentuknya dengan menggunakan cetakan yang sudah Berbentuk Karakter ^^ Klik Disini

Sumber : www.parenting.co.id  ,  http://forum.detik.com

=================================================

banner3.jpg

Kunjungi  website online shop www.forbento.com untuk berbagai cetakan nasi , cetakan wortel, cetakan sosis, pemotong nori dan cetakan kue kering.

#bento   #forbento

============================================

Contact us for bento tools (Forbento) :

♥ Phone/SMS/WA 0852 3179 7181.
♥ PIN. 536022E8
♥ Official Website http://www.forbento.com

 

2 thoughts on “Kenalkan Anak Anda Dengan Buah dan Sayur Sejak Dini

    • Mungkin bisa dicoba menghias sayuran bersama anak-anak. Pertama-tama ajak anak memilih bentuk cetakan yang dia sukai, misalnya bentuk bintang, hati, atau binatang, kemudian ajarkan anak menghias sayuran seperti wortel, mentimun, labu, sambil diceritakan berbagai manfaat yang diperoleh dari sayuran. Contoh, “Tahu gak kak, sayuran itu bisa bikin kamu kuat lho, gak gampang sakit, jadi kuman bakteri kalah semua, kakak kuat seperti superhero…”… Selamat mencoba Bunda (^_^)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s